KOMPAS.com – Apa yang Anda inginkan dalam melakukan perjalanan wisata? Tentunya segala sesuatu diberi kemudahan, kelancaran, dan tanpa masalah. Namun apa yang akan Anda lakukan bila Anda menghadapi kendala yang mengancam kenyaman Anda dalam berwisata. Malah bisa-bisa Anda terpaksa menunda perjalanan wisata Anda.
Di bawah ini adalah musibah-musibah yang biasa terjadi, meskipun tidak diinginkan, pada saat Anda melakukan perjalanan wisata terutama antar provinsi ataupun antar negara. Anda dapat menyimak tips berikut bila Anda mengalami kejadian-kejadian di bawah ini tanpa membuat Anda panik.
Anda membuat kesalahan
dalam pemesanan tiket pesawat. Tanpa sadar Anda salah menekan
daerah tujuan Anda dan terlanjur menekan tombol "Ok" sebagai
konfirmasi terakhir. Ataupun Anda salah menulis ejaan nama Anda pada pembuatan booking
secara online.
Apa yang harus Anda lakukan?
Idealnya tentu saja seharusnya Anda mengecek kembali semua keterangan yang
telah Anda cantumkan sebelum menekan tombol "Ok" ataupun
"Sumbit". Namun bila itu terjadi, segera perbaiki kuitansi resmi
setelah proses booking selesai dengan
menghubungi perusahaan maskapai penerbangan yang biasanya melayani 24 jam.
Anda terlambat datang
ke Bandara. Memang seharusnya Anda telah bersiap-siap berangkat
dari rumah 3 jam sebelum jadwal keberangkatan untuk memperkirakan waktu dan
masalah yang mungkin akan terjadi selama perjalanan ke bandara seperti
kemacetan. Namun bila Anda tahu Anda akan terlambat hubungilah maskapai
penerbangan dengan ponsel Anda.
Hal ini akan membantu membuktikan
bahwa Anda berupaya untuk sampai ke bandara tepat waktu. Bila Anda benar-benar
ketinggalan pesawat, Anda dapat mengurusnya ke perusahaan maskapai penerbangan
untuk ditempatkan di penerbangan berikutnya dengan menjelaskan alasan mengapa
Anda terlambat.
Jika terjadi pembatalan
penerbangan. Kadang-kadang sebuah maskapai penerbangan hanya
akan melakukan booking ulang pada penerbangan yang tersedia berikutnya, tetapi
jika semua penerbangan untuk hari ini dibatalkan atau jika tidak ada kursi yang
tersedia pada hari perjalanan Anda, maka apa yang harus Anda lakukan?
Anda dapat bertanya kepada
perusahaan maskapai penerbangan tentang kebijakan mereka bila adanya pembatalan
dan janganlah meninggalkan bandara sebelum Anda mendapatkan booking
pengganti dan konfirmasi tertulis.
Anda kehilangan bagasi
Anda. Laporkan ke bagian "kehilangan" dan "lost
and found" di bandara kemudian isilah formulir klaim
kehilangan dan tanya bagaimana kebijakan untuk penggantian barang Anda yang
hilang. Bila tas Anda yang hilang ditemukan kembali maka akan dikirim ke alamat
rumah, hotel, atau tempat yang menjadi tujuan Anda, dengan biaya ditanggung
sepenuhnya oleh maskapai penerbangan.
Bila tidak dapat ditemukan, ajukan
formulir untuk mencantumkan barang-barang apa saja yang hilang. Kemudian
maskapai penerbangan akan membayar dengan nilai depresiasi kecuali
barang-barang berharga seperti uang tunai, eletronik, benda seni dan perhiasan.
Oleh karena itu janganlah menyimpan barang-barang berharga tersebut di bagasi.
Bila Anda kehilangan
paspor di tempat tujuan wisata Anda. Segeralah hubungi kantor
kedutaan dan konsultan setempat. Pastikan sebelum Anda mengalami kehilangan,
Anda telah memiliki fotokopi ataupun salinan paspor Anda yang akan mempermudah
proses pembuatan paspor yang baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar