Pinterest, Cara Baru Berbagi
Foto dan Informasi
KOMPAS.com - Berbagi
foto atau link di Facebook, Twitter, dan Google Plus mungkin sudah pernah Anda
coba. Bagi Anda yang senang bereksperimen dengan jejaring sosial baru, sekarang
saatnya mencoba situs "online pinboard" Pinterest.
Jejaring sosial baru ini membuat pengguna memiliki semacam kumpulan link website, yang terorganisir dalam kategori yang bisa dikreasikan sendiri dengan berbasiskan gambar/foto.
Pinterest merupakan jejaring sosial yang mengusung konsep sharing papan pin virtual yang memungkinkan pengguna mengoleksi apa pun yang ia sukai dari website mana pun, untuk dibagikan kepada orang lain.
Kumpulan gambar, foto, atau link website yang disebut "pin" ini akan masuk ke sebuah "board" dengan kategori yang telah dibuat sebelumnya. Setiap "pin" akan diwakili oleh gambar yang pengguna pilih.
Kemudahan Pinterest yang menyediakan sistem bookmark dilengkapi dengan integrasi sosial media, adalah daya tarik layanan ini.
Pinterest merupakan perusahaan start-up digital yang mendapat gelar Best New Startup TechCrunch tahun 2011 lalu. Pada Desember 2011, Pinterest sudah mencatat 7 juta unique visitor dalam satu bulan. Menurut Comscore, Pinterest adalah situs independen yang mengalami pertumbuhan paling cepat karena mencatat 10 juta unique visitor di AS setiap bulannya.
Mengapa Pinterest begitu digemari? Berdasarkan penelusuran Kompas.com, jejaring sosial ini memiliki gabungan kemudahan yang ditawarkan oleh jejaring sosial lain, yakni :
Jejaring sosial baru ini membuat pengguna memiliki semacam kumpulan link website, yang terorganisir dalam kategori yang bisa dikreasikan sendiri dengan berbasiskan gambar/foto.
Pinterest merupakan jejaring sosial yang mengusung konsep sharing papan pin virtual yang memungkinkan pengguna mengoleksi apa pun yang ia sukai dari website mana pun, untuk dibagikan kepada orang lain.
Kumpulan gambar, foto, atau link website yang disebut "pin" ini akan masuk ke sebuah "board" dengan kategori yang telah dibuat sebelumnya. Setiap "pin" akan diwakili oleh gambar yang pengguna pilih.
Kemudahan Pinterest yang menyediakan sistem bookmark dilengkapi dengan integrasi sosial media, adalah daya tarik layanan ini.
Pinterest merupakan perusahaan start-up digital yang mendapat gelar Best New Startup TechCrunch tahun 2011 lalu. Pada Desember 2011, Pinterest sudah mencatat 7 juta unique visitor dalam satu bulan. Menurut Comscore, Pinterest adalah situs independen yang mengalami pertumbuhan paling cepat karena mencatat 10 juta unique visitor di AS setiap bulannya.
Mengapa Pinterest begitu digemari? Berdasarkan penelusuran Kompas.com, jejaring sosial ini memiliki gabungan kemudahan yang ditawarkan oleh jejaring sosial lain, yakni :
- Sistem jaringan sosialnya menggunakan "follow" dan "unfollow" seperti Twitter.
- Bookmark link (atau dinamakan pin) menggunakan konsep seperti tombol "+" seperti yang digunakan Google Plus.
- Link yang sudah di-pin otomatis akan masuk ke "board" pengguna (mirip halaman profil atau Timeline Facebook).
- Dalam setiap postingan, akan ada tombol "Comment" dan "Like" seperti Facebook, dilengkapi tombol untuk "Repin" (mirip fungsi "Retweet" di Twitter).
- Setiap kali ada yang melakukan "Repin", "Comment", atau "Like" di postingan Anda, akan terdapat notifikasi yang masuk ke alamat email yang terdaftar. Sehingga Anda bisa mengikuti perkembangan Pinterest tanpa harus login ke website jika sedang sibuk.
- Login yang sangat mudah, bisa menggunakan akun Twitter atau Facebook, atau bisa juga dengan membuat akun Pinterest baru.
- Pinterest bermanfaat bagi blogger untuk mempromosikan tulisannya, juga bagi pengusaha kecil dan menengah untuk mempromosikan produknya.
- Pencarian yang dilakukan pengguna Pinterest sudah terkotak-kotak berdasarkan kategori, sehingga bagi kalangan pebisnis, hal ini menguntungkan karena pelanggan lebih fokus
Penasaran ingin mencoba?
Mulailah dengan masuk ke halaman awal Pinterest.com lalu klik tombol "Request an
Invite". Masukkan alamat email Anda, lalu klik lagi tombol "Request
invitation". Sistem akan mengirimkan undangan ke alamat email yang Anda
daftarkan. Buka email dan klik link yang dikirimkan ke email. Ikuti petunjuk
dari link tersebut.
Bila tidak ingin berlama-lama menunggu undangan dari Pinterest, Anda dapat minta di-invite oleh rekan yang sudah memiliki akun Pinterest sebelumnya.
Bila sudah daftar atau punya akun Pinterest, yang pertama perlu dilakukan adalah memindahkan (men-drag) tulisan "Pin It" ke tombol bookmark Anda di kanan atas browser. Ini berguna memudahkan membuat "Pin" dari website yang ingin Anda simpan atau bagi.
Bila tidak ingin berlama-lama menunggu undangan dari Pinterest, Anda dapat minta di-invite oleh rekan yang sudah memiliki akun Pinterest sebelumnya.
Bila sudah daftar atau punya akun Pinterest, yang pertama perlu dilakukan adalah memindahkan (men-drag) tulisan "Pin It" ke tombol bookmark Anda di kanan atas browser. Ini berguna memudahkan membuat "Pin" dari website yang ingin Anda simpan atau bagi.
Lalu,
bagaimana cara memulai Pinterest? Bagaimana cara mengatur
halaman Pinterest?
Untuk
mendaftar Pinterest, pengguna baru harus menerima
undangan dari seorang teman yang sudah terdaftar
di Pinterest atau meminta undangan langsung dari
website Pinterest. Setelah Anda sudah mendapatkan undangan Anda,
hal pertama yang akan Anda lakukan adalah mengatur
halaman profil Anda.
Seperti yang
Anda lihat, profil Anda akan menunjukkan apa pun yang
Anda pilih sebagai nama tampilan, gambar
profil, bio /keterangan, dan berapa banyak orang yang Anda follow
atau follower Anda.
Lalu apa aja
istilah-istilah yang ada di dalam Pinterest?
Pin :
Image/gambar yang Anda publish di Pinterest. Anda dapat memberi link
gambar dari situs lain atau meng-upload gambar
dari komputer Anda kemudian memberi caption pada gambar itu.
Repin:
Setelah gambar dipin, kemudian dapat repinned oleh pengguna
Pinterest lainnya. Ini adalah bagaimana konten menyebar
secara viral. Jika Anda melihat sesuatu yang Anda suka
di Pinterest.com, Repin untuk berbagi dengan teman Anda.
Board: Di
sinilah pin Anda tinggal. Anda dapat memiliki board yang
terpisah untuk subjek tertentu dan berbeda-beda seperti buku favorit,
ruang di rumah Anda, atau resep favorit.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar