Kamis, 12 Agustus 2010

Masker untuk wajah


Masker Wajah
Menghaluskan kulit wajah
>> Putih telur ayam dikocok, tambahkan ½ sendok teh garam dan 1 sendok makan air jeruk nipis. Lalu oleskan ke seluruh wajah kecuali daerah sekitar mata. Bila sudah mengering bersihkan dengan air hangat kemudian bilas dengan air dingin.
>> Madu asli oleskan pada wajah dari bawah kearah atas. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.
>> Pisang ambon yang matang dilumatkan dan oleskan ke seluruh wajah menggunakan punggung sendok dengan agak ditekan. Diamkan 15 menit lalu bilas dengan air hangat.
>> Untuk menghaluskan kulit normal : papaya matang dihaluskan lalu dioleskan pada wajah. Atau tempelkan bagian dalam potongan kulit papaya yang agak tebal pada wajah. Diamkan 15 menit, lalu bilas dengan air hangat, dan terakhir dangan air dingin.
Untuk wajah yang berminyak atau yang berjerawat
>> Tomat dan jeruk nipis mengandung astringent yang bermanfaat mengurangi lemak yang menumpuk di wajah.
Tomat lumatkan hingga lembut atau diblender. Oleskan ke seluruh wajah dengan kuas masker. Biarkan selama 20 menit, lalu seka dengan air hangat, terakhir bilas lagi dengan air dingin.
>> Jeruk nipis atau tomat diiris tipis tipis kira kira ½ cm, lalu oleskan pada wajah dan leher perlahan-lahan. Tempelkan sisa potongan pada wajah dan diamkan 15 menit. Setelah kering bilas dengan air hangat dan air dingin.
Untuk kulit kering
Masker alpukat dapat melembabkan dan melembutkan yang berkulit kering. Alpukat matang dilumatkan atau diblender, oleskan keseluruh wajah dan leher kecuali daerah sekitar mata dan bibir. Diamkan selama 15 menit hingga mongering dan kulit terasa kencang, Seka dengan air hangat dan bilas dengan air dingin.
Menghilangkan Flek hitam / memutihkan wajah
>>Lumatkan sebuah kentang rebus, tambahkan sebutir kuning telur dan 1 sendok the susu bubuk. Aduk rata dan gunakan sebagai maker selama 40 menit. Bersihkan dengan air biasa. Lakukan dua kali seminggu.
>>Selain untuk bahan makanan pokok, beras memiliki khasiat yang lain, yaitu dapat memutihkan wajah sehingga tampak lebih bersih. Untuk memperoleh khasiat ini, kita buat saja masker dari beras. Bahan-bahan yang diperlukan adalah:
1. Beras 3 sendok makan
2. Madu secukupnya untuk mengentalkan beras

Cara membuat:
1. Rendam beras selama semalam.
2. Tumbuk sampai halus hingga menjadi bubuk.
3. Jemur hingga kering.

Cara memakai:
Bubuk beras yang telah dijemur dan kering dicampur sedikit madu. Aduk hingga rata, setelah itu gunakan sebagai masker pada seluruh wajah (hindari seputar mata). Diamkan sekitar 20 menit, bila telah selesai bilas dengan air dingin.

1 komentar: