Minggu, 21 November 2010

Smart Traveller

Smart Traveller

>> Dokumen Perjalanan ( Paspor dan Visa )
Fotokopi 3 kali : 1. simpan di rumah
2. dibawa-bawa selam perjalanan
3. simpan dihotel sebagai cadangan
Selalu bawa paspor asli kemanapun pergi
Catat nomor emergensi yang dapat dihubungi

>> Bawa kalkulator pocket

>> Travelling Kit
Sikat gigi, odol, sabun, shampoo, sisir, bedak, lipstick, obat/vitamin.
Obat-obatan : analgesic (penghilang rasa nyrei seperti aspirin atau parasetamol), anti diare, anti nyamuk, obat alergi, anti mabuk perjalanan, antiseptic (untuk luka dan infeksi), kasa steril dan plester pembalut luka, obat flu/demam, krim pelindung matahari, obat lambung, multivitamin (kombinasi vitamin B kompleks dan vitamin C sangat baik untuk perjalanan), jas hujan dan payung.

>> Naikkan limit kartu kredit untuk bekal cadangan. Gunakan kartu kredit bank internasional yang dapat diterima di negara tujuan.

>> Cari info di www.virtualtuorist.com

>> Bawa buku notes dan ballpoint

>> Catat nomor-nomor penting seperti nomor paspor, nomor kartu kredit, nomor telp emergensi

>> Tukar rupiah ke USD agar lebih mudah ditukar di negara tujuan

>> Selalu berbekal peta dan kartu nama hotel tempat anda menginap

>> Selalu pastikan koper/tas yang dimasukan bagasi dilabeli tanda identitas dan dikunci rapat.

>> Anda tidak diperkenankan membawa benda-benda tajam seperti pisau, gunting ke dalam kabin pesawat. Pastikan benda-benda tersebut disimpan dalam koper yang masuk bagasi. Benda tajam yang masih diperkenankan masuk dalam kabin pesawat antara lain : gunting kuku, pengikir kuku, jepitan, pisau cukur yang aman, penjepit bulu mata, jarum jahit, tongkat untuk berjalan dan payung.

>> Bawa selalu 1 stel mantel walau dalam musim panas

>> Musim dingin
Asia, Amerika, Eropa ( Oktober – Maret )
Australia, New Zealand, Afrika, Amarika Latin ( April – Sept )

>> Mencegah diare saat bepergian karena mencoba makanan khas daerah yang baru : minumlah yoghurt secara teratur beberapa hari sebelum berangkat, misalkan 3 hari sebelumnya. Bakteri probiotik yang terkandung dalam yoghurt akan menyebabkan bakteri penganggu tak punya ruang dalam usus untuk tinggal dan tak sempat menimbulkan diare.
>> Semprotkan facial spray jika kulit terasa kering. Gunakan setiap saat atau setelah mengulas riasan agar wajah tetap lembab.

>> Penerbangan domestik : 2 jam sebelum berangkat periksa semua barang bawaan. Check-in sejam sebelum keberangkatan.

>> Penerbangan internasional : cek semua barang bawaan paling tidak 3 jam sebelum keberangkatan. Dan check-in 2 jam sebelum keberangkatan.

>> Untuk yang memesan tiket melalui internet, jangan lupa minta bukti reservasi dan segera tukarkan dengan tiket asli pada saat check-in di bandara. Karena di setiap security checkpoint, petugas hanya akan memeriksa tiket asli dan bukan kertas konfirmasi reservasi.

>> Barang yang diperbolehkan masuk dalam kabin pesawat adalah satu koper kecil, tas tangan atau tas kerja, dan laptop. Letakan barang yang berat dibawah kursi depan.

>> Jika alarm berbunyi saat anda melewati detector, biasanya petugas akan kembali memeriksa anda dengan detector tangan. Untuk menghindarinya, cabalah hindari memakai baju, sepatu, ikat pinggang, aksesories yang mengandung unsur logam. Masukkan handphone, kunci, pematik api ke dalam tas.

>> Begitu keluar dari pintu pesawat, siapkan tiket, boarding pass, pasport asli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar