Kamis, 09 Juni 2011

Manolo Blahnik

Manolo Blahnik


Manolo Blahnik adalah seorang perancang sepatu terkenal di dunia asal Spanyol.Sepatu hasil rancangannya telah digunakan oleh banyak selebriti dunia, seperti Bianca Jagger, Jerry Hall, Diana Ross, Kate Moss, Madonna, Naomi Campbell, dan Victoria Beckham. Produk sepatu karyanya diberi label Manolo Blahnik sesuai dengan namanya dan telah dikenal sebagai salah satu produk alas kaki terbaik di dunia.

Kehidupan pribadi
Manolo Blahnik dilahirkan pada tanggal 28 November 1942 di Kepulauan Canary dari seorang ayah yang merupakan pengusaha perusahaan farmasi dan ibu yang memiliki perkebunan pisang. Minatnya pada dunia mode dimulai sejak dia masih muda, ketika menghias anjing dan monyet peliharaannya dengan pita.Manolo dan adiknya Evangelina lebih banyak menuntut ilmu di rumah dibandingkan dikirim ke sekolah. Kelurganya sering bepergian ke Paris dan Madrid untuk memesan baju pada perancang langganan orang tuanya. Setelah dewasa, ia menuntut hukum dan politik karena orang tuanya berharap dia dapat menjadi seorang diplomat. Tidak lama kemudia, dia beralih ke ilmu sastra dan arsitektur di Universitas Geneva (University of Geneva) sebelum akhirnya beralih mempelajari seni di sekolah seni rupa L’École des Beaux-Arts dan L’École du Louvre, Perancis pada tahun 1965. Pada tahun 1968, ayahnya menyarankan Manolo Blahnik untuk pindah ke London dan mempelajari bahasa Inggris. Manolo Blahnik sempat bekerja di beberapa butik terkenal dan pada tahun 1971, seorang temannya bernama Paloma Picasso membawanya ke New York dan bertemu dengan Diana Vreeland, editor majalan Vogue. Setelah melihat gambar sepatu rancangan Manolo, Diana Vreeland menyuruhnya untuk membuat sepatu karena lucu.

Karier


Salah satu sepatu rancangan Manolo Blahnik.

Manolo mulai mempelajari seni membuat sepatu dengan berkunjung ke pabrik pembuatan sepatu, berbicara dengan operator mesin, pemotong pola, dan teknisi di dalamnya. Dia tinggal di London dan bekerja pada suatu butik sepatu, Zapata yang terletak di Chelsea dan mulai dari situ, karya-karyanya mulai dikenal. Setahun setelah itu, sepatu karyanya digunakan oleh Ossie Clark, seorang perancang terkenal, dan ini membuat Manolo terkenal. Pada tahun 1973, Manolo membeli Zapata dengan uang pinjaman sebesar 2.000 euro untuk dijadikan bisnis butik pertamanya bersama adiknya. Pada tahun 1974, Manolo Blahnik menjadi pria pertama yang menjadi sampul majalah Vogue ketika dipotret bersama Angelica Huston.Pada tahun 1974, Manolo mulai memasuki pasar Amerika dengan merancang koleksi sepatu untuk Bloomingdale dan setahun kemudian, butik pertamanya di Amerika dibuka. Untuk mengembangkan penjualan perusahaannya, dia mengajak George Malkemus untuk bergabung dan memasuki pasar Amerika. Manolo sering membuat rangcangan untuk perancang dan label kelas dunia seperti Calvin Klein, John Galliano, serta Christian Dior. Selain itu, dia pun sering berkolaborasi dengan perancang-perancang dunia, di antaranya Isaac Mizrahi, Bill Blass, Caroline Herrera, dan Oscar de la Renta. Karya-karya rancangan Manolo menjadi sangat terkenal, terutama di Amerika, ketika digunakan dalam serial TV Sex and The City.Di dalam serial TV tersebut ditampilkan karakter tokoh utama, yang diperankan Sarah Jessica Parker, sebagai seorang pecinta sepatunya.


Penghargaan-penghargaan yang pernah diraih oleh Manolo Blahnik adalah:
Penghargaan dari Dewan Perancang Mode Amerika atau Council of Fashion Designers of America (CFDA) pada tahun 1987, 1990, dan 1998.
Penghargaan dari Dewan Mode Britania Utara (The Brithis Fashion Council) pada tahun 1990, 1999, dan 2003.
Penghargaan Jarum Emas (The Golden Needle atau dalam bahasa Spanyol: La Aguja de Oro) dan Medali Emas dalam Bidang Seni Rupa (Honorary Royal Designer for Industry) dari Raja Spanyol, Don Juan Carlos I pada tahun 2001 dan 2002.
Pada tahun 1993, Manolo Blahnik menjadi orang perancang sepatu pertama yang mendapatkan kehormatan untuk menyelenggarakan pameran di Museum Desain London (London's Design Museum).
Pada tahun 2005, Manolo bekerja sama dengan perancang pemenang Oscar, Milena Canonero, dalam merancang sepatu untuk film Sofia Coppola berdujul Marie Antoinnette. Film tersebut memangkan penghargaan Academy Award untuk kategori kostum terbaik.

Referensi
Colin McDowell (2003). Manolo Blahnik. Weidenfeld Nicolson Illustrated. ISBN 978-1-84188-133-1. Book overview
Deluxe Label, "Manolo Blahnik", 2009.
Design Museum, "Manolo Blahnik: Shoe Designer (1942-)", 2006.
Manoloblahnik.com, "Manolo Blahnik Biography: The Man", 2007.
Askmen.com, "Manolo Blahnik Biography", IGN Entertainment, Inc., 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar